Selasa, 24 Januari 2017

SHALAT KITA DAN KEBUTUHAN ALLAH


Memangnya Allah membutuhkan shalat kita, sehingga kita harus melakukan shalat tiap hari?

Untuk apa bunga ditaman harus disirami dan mendapat sinar matahari secara teratur? pasti Sahabatuk akan menjawab, “Supaya bunga tumbuh berkembang dan tidak layu.”
Allah swt menyuruh kita melaksanakan shalat, karena itu berguna bagi kita. Sholat akan menerangi hati dan menyucikan jiwa kita. Sholat menjadikan kita sebagai manusia yang baik, penyayang, berakhlak dan optimis.
Dalam surah al- ankabut ayat 45 disebutkan “..shalat mencegah kekejian dan kemungkaran..” kalaupun orang yang melakukan sholat berbuat dosa, maka berkat pengaruh sholat, sedikit demi sedikit dia  akan menjauh dari dosa itu dan bertaubat.

Dimasa nabi Muhammad Saw ada seorang pemuda yang melakukan sholat bersama beliau. Tapi kadang kala ia  melakukan dosa. Sebagian orang datang menemui Nabi  Saw dan berkata “Wahai rasululllah, pemuda ini kadang melakukan dosa dan maksiat .”  Nabi Saw bersabda “Pada akhirnya, suatu hari nanti, sholat akan menjauhkannya dari perbuatan dosa.” Dan demikianlah yang terjadi setelah beberapa waktu, pemuda itu bertaubat  dan menghentikan perbuatan dosanya.

Allah Swt tidak membutuhkan sholat kita. Kita lah yang membutuhkan sholat untuk mencapai kebahagiaan. Andai semua manusia tidak melakukan shalat, bahkan menjadi kafir sekalipun, Allah tidak akan rugi. Dalam surah Ibrahim ayat 8, al Quran mengutip ucapan Nabi Musa a.s “Jika kalian dan semua orang dibumi menjadi kafir, (maka Allah tak akan merugi, karena) Dia Mahakaya dan Terpuji.”

Bunga yang tidak disirami dan mendapat cahaya matahari, akan layu dan mati. Jiwa orang yang tidak melakukan shalat juga akan menjadi gelap, sehingga ia tidak merasakan kenikmatan berteman dengan Allah swt.

Semoga Sahabatuk adalah orang yang selalu mengerjakan shalat. Amiin

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” 
(QS.an Nisa’(4):103)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar