Sabtu, 21 Januari 2017

Allah Itu Siapa?

Allah Itu Siapa?
Sering sekali mendengar pertanyaan dari sahabat-sahabat kecil saya

"Kak, kenapa kok kita harus sholat karena Allah, juga bersyukur kepada Allah. Memangnya Allah itu siapa kak?"
"Kak, Allah itu siapa sih?"
"kak, Manusia yang bikin Allah ya. Allah kok bisa bikin saya?"

dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan Sahabat kecil yang selalu menyelimuti pemikiran mereka.

Sahabatuk, bagus sekali bahwa kamu ingin mengenal Allah lebih jauh lagi. kamu masih muda dan masih banyak memiliki kesempatan untuk mempelajari asas-asas agama. Tapi, alangkah baiknya kamu berusaha mengenal Allah mulai dari sekarang.

Bismillah aku akan menjawab pertanyaanmu. kupikir dengan aku memberikan contoh sederhana ini kamu akan mudah memahaminya dengan baik.

Sahabatuk, ketika kalian masuk sekolah, kalian melihat adanya kepala sekolah yang mengatur sekolahan mu.
Ketika kamu berkreasi ke kebun binatang kalian melihat seorang tukang kebun tersebut yang sibuk memberi makan, minum, membersihkan dan mengurus  kebunbinatang tersebut.
Jika aku ingin mengenalkan Allah kepadamu dengan sangat mudah, akan aku katakana bahwa Allah adalah pencipta, pengatur dan penguasa dunia ini.
Dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 32, kita telah membaca,
“Allah adalah yang telah menciptakan langit dan bumi, menurunkan hujan dari langit, yang dengannya ia mengeluarkan buah-buahan untuk rizqi bagi kalian….”

            Semua makhluk yang sahabatuk lihat ini, seperti manusia, hewan dan tumbuhan adalah ciptaan Allah. Tidak hanya itu, Allah juga lah yang memberikan semua kenikmatan yang sampai saat ini kita masih bisa merasakannya. Nikmat penglihatan, pendengaran, penciuman, kasihsayang, dan masih banyak nikmat lainnya yang tidak dapat kita menghitungnya. Allah lah yang mengatur dunia tempat hidup kita.

Agar kita bias mengenal Allah lebih baik, ia memberi kita AlQuran. Tiap surah dan ayat Al-Quran mengenalkan Allah kepada kita dengan cara tertentu. Al Quran memberitahu kita bahwa Allah adalah Sang Pencipta semesta, Maha Pengasih, Maha Pengampun, Mahatahu, Mahakuasa, Maha Pemberi Rizki dan Maha Mengetahui segala sesuatu.

Cara terbaik mengenal Allah adalah dengan membaca Al Quran, mempelajari ucapan-ucapan Nabi Saw dan Ahlulbaitnya serta merenungi keajaiban dan keindahan alam semesta ciptaan-Nya.  

Alhamdulillah..
Semoga dengan sedikit penjelasan diatas sahabat-sahabatuk sudah dapat memahami tentang Siapakah Allah.

Dengan lebih mengenal Allah, semoga Sahabat-sahabatuk semakin sayang dan tidak lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar